Pendaftaran Merek Dagang Yang Benar Sesuai Undang Undang

Pendaftaran Merek Dagang Yang Benar Sesuai Undang Undang

Pendaftaran merek dagang sangat penting dan tidaklah sulit untuk dilakukan asalkan anda melakukannya dengan benar sesuai dengan peraturan yang mengatur berdasarkan perundang undangan yang berlaku. Pengaturan merek dagang ini telah diberlakukan dan pemerintah memberikan wewenang bagi yang berhak memegang dan memberikan sanksi bagi yang menduplikasi. Tapi apapun sanksi yang diberikan tetap saja pemalsuan banyak terjadi yang tentunya akan merugikan pemilik paten merek tersebut. Perlu anda tahu bahwa pemalsuan merek dagang yang telah memiliki hak paten akan terkena pasal yang berlapis bahkan hingga denda mencapai miliaran rupiah. Sayangnya aturan tersebut tidak lantas menjadikan pelaku pemalsuan mendapatkan efek jera bahkan saat ini semakin merajalela. Setiap tahunnya pemalsuan atas merek dagang ini terus mengalami peningkatan bahkan pemasarannya pun dilakukan secara terbuka. Jika anda yang memiliki merek tersebut dan anda memiliki hak paten maka anda dapat dengan mudah mempidanakannya bedasarkan aturan atas kepemilikan hak atas kekayaan intelektual.

Adapun prosedur pendaftaran merek dagang yang benar sesuai dengan peraturan perundang undangan agar anda mendapatkan hak sesuai dengan undang undang adalah sebagai berikut :

  • Cara Pendaftaran Merek
    Yang pertama kali dilakukan adalah pembuatan permohonan pendaftaran merek terlebih dahulu yang harus diterima oleh Direktorat HAKI. Permohonan ini harus mencantumkan etiket merek yang didaftarkan dari mulai warna, simbol, logo, bahasa hingga bentuk tiga dimensinya jika ada. Permohonan juga harus disertai dengan daftar komponen yang nantinya akan menjadi branding agar dapat dilindungi secara utuh dari merek lainnya. Itu artinya, merek harus memiliki pembeda dari merek lainnya yang sudah terdaftar lebih dahulu. Hal ini harus disertai dengan surat pernyataan kalau merek tersebut adalah merek milik sendiri atau disertai oleh surat kuasa jika pendaftaran dikuasakan.
  • Syarat Pendaftaran Merek
    Memang tidak sedikit syarat syarat yang harus dipenuhi pada saat mendaftarkan sebuah merk pada Direktorat HAKI ini tapi tentu semuanya yang memiliki hubungan sehingga tidak akan ribet jika semuanya telah anda persiapkan. Yang pertama pastinya mengisi formulir, fotocopy KTP, NPWP kelengkapan administrasi dan surat pernyataan yang ditandatangani diatas materai. Gambar merek yang didaftarkan pastinya harus disertakan berupa gambar warna dalam jumlah tertentu. Jika permohonan diterima, maka akan dilakukan verifikasi kemudian akan dikelompokan untuk diteliti lebih jauh lagi. Walapun merek yang didaftrakan merupakan milik sendiri tapi tetap saja pada saat dilakukan pendaftaran dan sertifikat belum dikerluarkan, pemilik tidak boleh mempergunakan merek tersebut agar hak cifta pemiliki atau produsen dapat terlindungi.
  • Biaya Pendaftaran Merek
    Walapun ini merupakan sebuah pelayanan untuk legalitas sebuah merek tapi ada hal yang harus dipenuhi dan berhubungan dengan administrasi. Namun administrasi untuk pendaftaran merek ini telah diatur dalam undang undang. BIaya tersebut bukanlah sebuah pajak tapi merupakan biaya pendaftaran yang wajib dikeluarkan oleh pelaku pendaftar atau kuasa dari pendaftar merek.

Jika pendaftaran merek dagang dilakukan dengan benar dan prosedur sesuai dengan undang undang, maka akan dapat dilakukan dengan mudah dan administrasi yang murah.
Share This

Tidak ada komentar:

SEOBAGUS , 2017