Paten HAKI Untuk Lindungi Ide Intelektualitas Yang Paling Kuat

Paten HAKI Untuk Lindungi Ide Intelektualitas Yang Paling Kuat

    Paten HAKI merupakan sebuah perlindungan sebuah ide intelektual yang paling kuat dan tidak ada seorang pun yang dapat merubuhkannya karena telah jelas secara data, memilki kekuatan secara hukum dan berkualitas secara produk atau hasil. Ketatnya persaingan pasar saat ini diberbagai bidang bisnis menjadikan anda harus melakukan perlindungan pada produk hasil ide intelektual yang anda miliki. Karena anda pasti tidak ingin apa yang telah anda susah buat dari hasil aplikasi ide yang sangat kreatif dan inovatif ternyata di kemudian hari ada kompetitor anda yang melakukan penjiplakan secara besar besaran. Jika anda tidak memiliki hak paten maka anda tidak dapat berbuat apa apa toh pada kenyataannya ide intelektual tersebut belum anda daftarkan dan belum kuat secara hukum. Maka dari itu, hasil karya yang telah anda lahirkan harus anda lindungi dengan mematenkannya kepada Hak Atas Kekayaan Intelektualitas atau HAKI. Jangan anggap sepele hal ini karena bisnis anda bisa hancur berantakan akibat anda tidak memiliki hak paten seperti ini.

    Paten HAKI ini secara umum dikategorikan menjadi tiga bentuk utama dan anda dapat memilih ketiga tiganya untuk hasil ide intelektualitas anda :

•    Berupa Hak Paten
Hak paten merupakan hak khusus yang diberikan oleh negara kepada penemu khususnya dalam penemuan bidang teknologi. Dalam hal ini ada rentang waktu tertentu untuk melaksanakan penemuannya tersebut atau mungkin diberikan kepada orang lain sesuai dengan persetujuan. Jika ingin lebih jelas, anda dapat mempelajari UU Paten Nomor 13 Tahun 1997. Jadi hak paten ini sifatnya eksklusif bagi penemu untuk melakukan pembuatan, menggunakannya dan menjual hasilnya dalam jangka waktu tertentu.

•    Berupa Merek Dagang
Merek dagang ini adalah sebuah tanda yang digunakan untuk hasil produksinya baik itu barang ataupun jasa. Merek dagang ini bisa berupa huruf, bisa berupa kata, bisa berupa angka, bisa berupa gambar ataupun kombinasi dari keseluruhan atau sebagiannya. Merek dagang ini adalah bukti sebuah keaslian atas kepemilikan sebuah barang dagangan yang bersifat eksklusif. Jika anda memiliki logo, memiliki lencana, memiliki domain yang khusus dan akan menjadi sebuah merek dagang anda, disarankan untuk mendaftarkannya agar tidak ada yang menjiplak atau melakukan manipulasi.

•    Berupa Hak Cipta
Hak cipta merupakan hak yang sifatnya eksklusif khususnya bagi penciptanya ataupun bagi penerimanya untuk memanfaatkannya, menggunakannya ataupun memperbanyak hasil ciptaan tersebut tanpa adanya pebatasan sesuai dengan undang undang. Untuk lebih jelasnya, ada pada UU Hak Cipta Pasal 1 ayat 1. Dalam ayat tersebut jelas bahwa karangan asli yang berupa gambar, karangan grafis, sebuah karya seni, karya arsitektur, rekaman dan lain lain dapat dilindungi secara hukum dan diberikan kebebasan untuk mengekspresikannya.

Agar apa yang menjadi ide intelektualitas anda menjadi milik anda dan anda memiliki kekuatan hukum ketika ada orang lain yang melakukan penjiplakan, disarankan untuk mendaftarkan ide intelektualitas tersebut pada  Paten HAKI.

Tidak ada komentar: