Mengenali Modus Penipuan Investasi Emas yang Sedang Marak

Mengenali Modus Penipuan Investasi Emas yang Sedang Marak



 Mass media Indonesia akhir-akhir ini tak ada hentinya memberitakan perihal penipuan usaha PT Golden Trade International Syariah (GTIS) yang diberitakan sudah menipu nasabahnya serta menggelapkan dana orang-orang Indonesia sejumlah triliunan Rupiah. Pimpinannya, Michael Ong asal Malaysia, diberitakan sudah melarikan diri.

PT GTIS tidaklah yang pertama. Berulang-kali aparat pemerintah serta orang-orang Indonesia sudah kecolongan. Pada awal mulanya, ada juga Raihan Jewellery yang lakukan usaha sama serta sukses menghimpun dana Rp13, 2 triliun. Virgin Gold Mining Corporation serta Pohon Mas juga menipu beberapa ribu nasabah. Ke-2 perusahaan ini semasing menggelapkan sekurang-kurangnya Rp500 milliar. Terakhir, perusahaan lain seperti PT Lautan Emas Mulia, PT Asian Gold Concept serta PT Graha Arthamas Kekal juga menelan korban.

Deskripsi Simpel Money Game

Bisnis-bisnis diatas pantas dicurigai hanya usaha money game yang telah sangatlah umum di Indonesia lantaran ketentuan transaksi keuangan yang sangatlah kendor serta belum membuat perlindungan sekalian mengedukasi orang-orang dengan cara optimal. Jenis money game-nya pada umumnya diketahui untuk system piramida (pyramid scheme) yg diketahui juga dgn arti phonzi atau mungkin arisan berantai. System ini kadang-kadang dipraktekkan juga oleh bermacam MLM dgn balutan network marketing.

Dengan cara simpel, money game berbentuk arisan berantai ini diawali saat seorang atau mungkin perusahaan spesifik tawarkan kesempatan usaha/usaha dgn menjanjikan tingkat keuntungan yang mengundang selera. Nasabah-nasabah yang mendaftar di step awal umumnya memperoleh bonus dengan teratur sesuai sama janji perusahaan. Nasabah-nasabah ini juga gencar berikan kesaksian serta mengajak rekan atau mungkin keluarganya untuk turut berhimpun. Umumnya atas rekrutmen ini, nasabah juga memperoleh bonus. Maka semakin gencarlah mereka berpromosi.

Darimana perusahaan membayarkan bonus? Bonus tidaklah dari hasil usaha atau mungkin usaha perusahaan, tetapi hanya dari dana orang-orang yang mendaftar pada awal mulanya. Di sinilah letak money game-nya. Duit tak ditanamkan saat wujud investasi riil, tetapi cuma diputar di tempat. Hal yang sama banyak Anda jumpai saat praktik MLM gadugan bukan?

Lantas tibalah saat gonjang-ganjing. Seperti pengalaman sebelum-sebelumnya, usaha ini senantiasa mempunyai titik jemu. Ketertarikan beberapa calon nasabah tak senantiasa segencar dimuka pendirian usaha. Mulai seputar thn ke-2 atau mungkin ketiga, perusahaan mulai kesusahan membayar janji bonus yang juga makin membengkak, sesaat dana yang masuk mulai seret. Nasabah tak akan ramai. Bisa disangka, beberapa nasabah yg tidak memperoleh bonus sesuai sama janji bakal mulai ribut serta berbuntut ketika penutupan usaha. Yang memiliki yang memanglah bermental penjahat sudah mengaburkan hasil tipuannya serta kabur. Jikalau tertangkap, sebagian thn lalu ia bakal keluar penjara tetap untuk orang kaya raya.

Penyesalan senantiasa di pihak orang-orang.

Money Game saat Usaha Emas

Lantas bagaimana praktik money game itu saat usaha investasi emas atau mungkin dinar? Tidakkah orang-orang beli emas/dinar segera, bahkan juga menyimpannya sendiri? Bagaimana barangkali perusahaan yang sekian bagus disebutkan cuma memutar duit serta membohongi nasabah?

Berpikirlah simpel. Untuk menggerakkan usaha tipuan money game diatas, perusahaan mesti memperoleh dana fresh saat jumlah yang cukup. Mari kita tengok darimana perusahaan usaha tipuan emas memperoleh dana yang cuma diputar di tempat untuk membayarkan bonus nasabah.

Anggap saja perusahaan ini PT X. Saat menggerakkan aksinya PT X tawarkan investasi emas yang dibelinya dari perusahaan resmi, umpamanya PT ANTAM. Supaya memperoleh dana yang cukup untuk menggerakkan aksinya, product emas itu mesti di jual kembali dgn harga yang tambah lebih tinggi dari harga resmi. Dgn sekian PT X bakal memperoleh keunggulan dana yang sekalian potensi keuntungan yang besar.

Untuk mengertinya, mari kita tengok perbandingan data harga emas PT Antam serta suatu perusahaan investasi emas syariah (kita berkelanjutan sebut PT X) yang tetap beroperasi hingga saat artikel ini ditulis.  
 Saat table diatas, dgn gampang dipandang bahwasanya harga emas 1 gram di PT Antam hanya Rp566. 200, sesaat PT X tawarkan investasi bisnisnya dgn harga emas Rp710. 000 per gram. Saat hal semacam ini PT X jual emas seputar 25, 40% lebih mahal dari harga yang sesungguhnya!

Bila nasabah cuma beli 1 gr emas, pasti selisih ini tidaklah jadi, cuma Rp143. 800 (tengok kolom selisih). Walau demikian rata-rata investasi emas menempatkan prasyarat investasi minimum 100gr. Dgn sekian nasabah mesti membayar sekurang-kurangnya seputar Rp71. 000. 000 untuk berhimpun dgn investasi ini. Sesaat itu harga emas PT Antam untuk 100gr cuma Rp52. 700. 000. Dgn sekian, tiap-tiap 100gr emas, nasabah sebenarnya sudah berikan keuntungan untuk PT X sebesar Rp18, 3 juta, atau mungkin 34, 72% lebih tinggi dari harga normal.

Lebih kronis lagi, lantaran mau memperoleh hasil lebih, sering nasabah berinvestasi saat jumlah besar serta beli emas saat jumlah semakin banyak umpamanya 500gr, 1000gr atau mungkin sebagian kilogram. Di table diatas tampak terang bahwasanya dgn beli 1 kg emas, nasabah yang malang sudah mendanai operasi PT X dgn penambahan dana fresh sekurang-kurangnya Rp183 juta. Demikian pula, cuma dgn jual 5kg emas, PT X beroleh pemasukan Rp3, 5M dgn keuntungan bersih nyaris Rp1 M…dan selanjutnya. Itu baru satu nasabah. Bagaimana bila beberapa ratus atau mungkin beberapa ribu nasabah yang mendaftar?

Hitungan diatas berlaku bila nasabah menaruh emasnya sendiri. Ada juga nasabah yang pilih tak menaruh emasnya tetapi ‘dititip’ ketika PT X. Saat masalah seperti ini, perusahaan terang untung besar-besaran lantaran tak harus sediakan emas saat wujud riil. Saat hal semacam ini PT X tak perlu belanja stok emas nasabah. Seluruhnya duit yang masuk nyaris bisa di pastikan jadi keuntungan murni.

Dari dana yang masuk dimuka usaha yang umumnya dibarengi dgn ketertarikan, perusahaan membayar bonus bulanan. Pembayaran bonus tetap jalan dimuka usaha, namun dengan cara perlahan-lahan kedok aslinya bakal mulai terbuka waktu pendaftaran nasabah mulai alami penurunan, sesaat jumlah bonus yang jatuh tempo makin membengkak. Saat keadaan begini, perusahaan sudah mengetahui bahwasanya bakal ada kesusahan besar di depan sana. Walau tetap mempunyai asset saat jumlah besar, perusahaan-perusahaan penipu ini bakal tutup (ditutup?) serta kabur.

Tinggallah keributan serta penyesalan di kelompok nasabah.

Label Syariah serta Nama Petinggi Bukan hanya Jaminan

Orang-orang Indonesia yang didominasi umat Muslim senantiasa tertarik dgn usaha yang di beri embel-embel Syariah. Terlebih bila Majelis Ulama Indonesia (MUI) berikan label halal atau mungkin sah dengan cara syariah Islam. Dgn beragam masalah yang nampak hingga sekarang ini, kekuatan mengerti usaha di kelompok MUI dapatlah dipertanyakan. Terutama sekalipun tak ada pernyataan dari pihak MUI sesudah berlangsung keresahan dikalangan korban.

Bermacam money game (phonzi, arisan berantai) saat beragam wujud sekarang ini sangatlah marak di kelompok orang-orang. Pemerintah kelihatannya belum sediakan ketentuan hukum yang komprehensif membuat perlindungan masyaraat dari praktek-praktek usaha tak terpuji ini. Pemerintah negara-negara maju, sangatlah tanggapanive serta dgn tegas melarang aplikasi money game saat dunia usaha serta investasi. Sangat gampang untuk menyalahkan keserakahan orang-orang. Walau demikian yang paling utama sebenarnya yaitu, bagaimana pemerintah menghindar beberapa jenis usaha ini nampak serta menelan korban.

Saat kondisi seperti ini asyarakat disuruh untuk terus waspada serta tak gampang tergiur oleh tawaran usaha yang prospektif. Saat memperhitungkan tiap-tiap kesempatan usaha, baiknya logika serta nurani senantiasa diprioritaskan. Seperti instrument usaha yang lain, harga emas juga alami turun naik. Potensi kerugian senantiasa ada sesuai sama gerakan harga pasar. Karenanya, sangat salah apabila ada yang menjanjikan keuntungan tentu dari satu investasi, terhitung investasi emas.

Tanda-tanda Usaha Investasi Emas/Dinar Tipuan :

Untuk orang pemula, tidaklah gampang untuk mengidentifikasi perusahaan legal atau mungkin ilegal. Nyaris seluruhnya perusahaan penipuan di Indonesia adalah perusahaan legal. Berarti, mereka mempunyai SIUP, NPWP, TDP, serta sederet surat utama yang lain. Brosur-brosurnya keren, marketingnya necis, bahkan juga websitenya tampak bonafid.

Bila lalu ada korban yang ‘berteriak’ barulah media, aparat serta petinggi pemerintah bereaksi. Lantas perusahaan yang semula legal, lalu dimaksud ilegal. Namun seluruhnya telah terlambat. Beberapa hal ini berlangsung (berkali-kali) lantaran system hukum kita belum mengatur dgn terang jenis-model usaha ini.

Karenanya orang-orang butuh waspada, jangan sempat jadi korban. Sekurang-kurangnya sebagian poin di bawah ini dapat jadi pemberi tanda awal untuk mengidentifikasi perusahaan penipu :

Tawarkan keuntungan tinggi serta tak lumrah, kadang-kadang saat nilai persentase yang tentu. Pantas dicatat bahwasanya tak ada usaha investasi yang mempunyai nilai keuntungan tentu. Keuntungan tentu hanya saat wujud bunga tabungan bank, itupun nilainya tak besar,
Harga produknya tentu lebih mahal dari harga pasar normal,
Emas atau mungkin dinar dititipkan kembali ke pengelola. Ini juga tipuan lantaran si pengelola kembali tawarkan emas atau mungkin dinar And a itu ke orang lain, hingga perusahaan beroleh dana besar untuk menggerakkan aksinya,
Sedikit memaksa serta menakut-nakuti dgn gosip resesi ekonomi, inflasi dsb sembari melukiskan begitu menguntungkannya investasi emas,
Kadang-kadang membawa-bawa nama petinggi atau mungkin instansi keagamaan untuk memberikan keyakinan calon korban,
Tak mempunyai usaha yang pasti untuk menambah nilai investasi nasabahnya. Duit yang masuk hanya berputar ditempat.

Sebelum saat mengambil keputusan untuk berhimpun ke satu investasi usaha emas, baiknya Anda lakukan penyelidikan berkenaan beberapa hal diatas. Mudah-mudahan orang-orang Indonesia makin cerdas serta tak gampang terperdaya usaha illegal. Dgn punya kebiasaan membaca beragam info diatas, Anda bakal cepat mengetahui serta waspada pada beragam tawaran usaha atau mungkin investasi.
Share This

Tidak ada komentar:

SEOBAGUS , 2017