Seputar Kuliner Tradisional Khas Jawa Tengah

Seputar Jateng yang layak dibahas memang sangat banyak sekali dari mulai peninggalan sejarah, objek wisata alam, kemampuan sumber daya manusia bahkan hingga wisata kulinernya yang sangat terkenal. Di Jawa Tengah ini terdapat banyak sekali budaya dan suku yang tersebar hampir di seluruh daerah. Selain itu, berbagai masakan tradisional yang sekaligus sebagai kuliner khas menjadi bagian penting ketika wisatawan mengunjungi Jawa Tengah ini. Jangan salahkan wisatawan jika ketagihan untuk mencicipi kuliner tradisonal khas Jawa Tengah ini karena memang rasa dan kekhasannya sangat mendominasi dari masakan tradisional ini. Ada banyak sekali masakan dan kuliner khas dari Jawa Tengah ini, diantaranya adalah berikut ini :

  • Lumpia Semarang
Santap saja saat masih hangat dengan tambahan saus kental manis yang menjadikan rasa dari lumpia ini memiliki ciri khas tersendiri dan sulit didapatkan di wilayah lainnya di seluruh Indonesia. Di dalam lumpia ini terdapat ayam, rebung, telur dan udang. Sambil menikmati indahnya Jawa Tengah menjadikan suasana pun terasa sangat berbeda dan khas.

  • Soto Kudus
Sepintas mungkin soto yang satu ini hampir sama dengan soto yang terdapat di daerah yang lainnya. Tapi ketika anda mulai mencicipinya, disinilah sensasi kudus yang sangat kental melekat di lidah anda. Wajar wisatawan tidak akan melewatkan soto yang satu ini ketika berkunjung ke Jawa Tengah. Terdapat dua pilihan untuk soto kudus ini, yaitu soto kerbau dan juga soto sapi.

  • Nasi Gandul Pati
Nasi yang satu ini adalah ciri khas dari kota Pati dengan bumbu bumbu yang diracik khusus oleh pemasak profesional dan tahu secara turun temurun. Daging yang diolah dengan rempah rempah tradisional serta kuahnya yang sangat segar mampu melengkapi nikmatnya bersantai nasi gandul khas Pati ini.

  • Nasi Liwet Solo
Nasi liwet ini bukan sembarang nasi liwet karena nasi liwet Solo merupakan nasi liwet yang sangat gurih karena dimasak dengan memakai kelapa dengan penyajian yang cukup mengesankan dengan sayur labu dan daging ayam yang telah disuir atau dipotong potong berukuran kecil. Dijamin rasanya akan sangat mengesankan dan lidah tidak akan bosan dengan nasi liwet khas Solo ini.

  • Mendoan Purwokerto
Cara memasaknya adalah menggunakan minyak panas dengan volume yang sangat banyak sehingga masakan ini tidak benar benar matang. Hal inilah yang menjadi ciri khasnya karena jika tidak dimasak demikian, bukan lagi mendoan Purwokerto namanya.

Masakan khas dan tradisional seperti di atas merupakan masakan yang wajib anda cicipi pada saat anda mengunjungi Jawa Tengah. Tidak afdol rasanya ketika anda berkunjung ke Jawa Tengah jika tidak mencicipi masakan tradisionalnya. Walaupun pastinya masih banyak lagi kuliner lainnya selain kuliner di atas.

Tidak ada komentar: