Polis Asuransi Jiwa Dan Hal Yang Harus Diperhatikan

  Polis asuransi jiwa merupakan sebuah istilah yang paling penting dan salah satu istilah yang sering digunakan pada saat berbicara tentang asuransi jiwa. Secara pengertian mungkin orang yang memiliki asuransi telah tahu dan familiar dengan polis ini tapi secara definisi mungkin hanya sebagian kecil saja yang tahu. Polis untuk sebuah asuransi merupakan sebuah dokumen pada saat anda melakukan pendaftaran asuransi yang mana di dalamnya merupakan isi sebuah kesepakatan antara nasabah sebagai pihak tertanggung dengan pihak asuransi sebagai pihak penanggung. Bisa dikatakan juga kalau polis dalam asuransi ini merupakan sebuah perjanjian kontrak kalau perusahaan asuransi akan menanggung semua beban yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang sesuai dengan perjanjian kesepakatan tersebut. Ada sebagian orang yang menyebut kalau polis untuk asuransi ini adalah kontrak, kontrak polis ataupun sertifikat asuransi, namun semuanya adalah sama yaitu sebuah perjanjian kedua belah pihak yang ada di dalamnya. Untuk kegunaannya sendiri, polis untuk asuransi ini memiliki banyak fungsi diantaranya :

Berupa bukti kesepakatan kedua belah pihak yaitu pihak tertanggung dan pihak penanggung secara tertulis sehingga memiliki kekuatan hukum dan tidak kaku serta telah menjadi sesuatu hal yang baku dalam sebuah asuransi. Bukti perjanjian inilah yang nantinya berjuang sebagai penanggung biaya masa depan yang akan memiliki manfaat yang sangat besar.

Keuntungan bagi nasabah dengan adanya polis ini berarti telah ada sebuah jaminan yang sah untuk penggantian kerugian yang dilakukan oleh pihak asuransi sesuai dengan kejadian yang telah disertakan di dalam polis dan telah disepakati. Keuntungan bagi perusahaan asuransi adalah sebagai sebuah bukti tanda terima premi yang diberikan oleh nasabah kepada pihak perusahaan.

Dengan adanya polis ini, anda atau nasabah memiliki bukti pembayaran premi sehingga pada masa yang akan datang ketika anda mengalami berbagai hal yang tertera dalam polis, perusahaan asuransi akan menggantinya, jika tidak ada pergantian berupa dana yang dikucurkan, maka anda yang posisinya sebagai nasabah bisa menuntut pihak asuransi karena tidak memenuhi tanggung jawab sesuai dengan kesepakatan.

Ada hal lain juga yang tidak dapat anda lewatkan pada saat anda memutuskan untuk membeli sebuah polis pada asuransi ini. Yaitu anda harus memahami dengan jelas dan pasti setiap point terutama pada premi yang sesuai dengan kesepakatan untuk sistem pembayaran dan jumlahnya. Selain itu, anda juga dapat mempelajari dengan cermat manfaat yang akan anda dapatkan dikemudian hari bahkan diluar dari apa yang tidak anda ketahui. Jangan lupa juga anda wajib mengetahui berbagai hal pengecualiannya sehingga anda tidak kontra persepsi dengan pihak asuransi. Jika telah sepakat, anda simpan baik baik nomor polis anda dan simpan pula berkas berkas pentingnya dengan rapi dan selalu anda jaga.

Tidak ada komentar: