PENANAMAN BIJI BENIH MAHONI

Mahoni (Swietenia macrophylla) adalah tanaman yang datang dari keluarga meliaceae, tanaman ini tumbuh liar di hutan-hutan jati serta tempat-tempat lain yang dekat dengan pantai. Ada juga yang ditanam di tepi-tepi jalan untuk pohon perindang. Tanaman asal India Barat ini bisa tumbuh subur di pasir payau. Mahoni (Swietenia macrophylla) adalah type yang tumbuh pada zona lembab, menyebar luas dengan cara alami atau dibudidayakan. Type asli Meksiko (Yucatan), sisi tengah serta utara Amerika selatan (Lokasi Amazona). Penanaman dengan cara luas terlebih di Asia sisi selatan serta Pasifik, juga diintroduksi di Afrika Barat.

Mahoni terhitung pohon besar dengan tinggi pohon meraih 35-40 m serta diameter meraih 125 cm. Batang lurus berupa silindris serta tak berbanir. Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedang kulit batang berwarna abu-abu serta halus saat tetap muda, beralih jadi cokelat tua, beralur serta terkelupas sesudah tua. Mahoni baru berbunga sesudah berusia 7 th., mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari menempel pada mahkota, kepala sari putih, kuning kecoklatan. Daun bertandan serta menyirip yang panjangnya berkisar 35 - 50 cm, tersusun bertukaran, halus berpasangan, 4 - 6 gunakan tiap-daun, panjangnya berkisar 9 - 18 cm. Bunga kecil berwarna putih, panjang 10 - 20 cm, malai bercabang. Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat. Mahoni bisa ditemukan tumbuh liar di rimba jati serta tempat-ternpat lain yang dekat dengan pantai, atau ditanam di pinggir jalan untuk pohon pelindung. Tanaman yang aslinya dari Hindia Barat ini, bisa tumbuh subur apabila tumbuh di pasir payau dekat dengan pantai. Mahoni memiliki kandungan saponin serta flavonoida.

Pemakaian Mahoni

Pohon mahoni dapat kurangi polusi hawa seputar 47% - 69% hingga dikatakan sebagai pohon pelindung sekalian filter hawa serta daerah tangkapan air. Daun-daunnya bertugas menyerap polutan-polutan di sekelilingnya. Sebaliknya, dedaunan itu bakal melepas oksigen (O2) yang bikin hawa di sekelilingnya jadi fresh. Saat hujan turun, tanah serta akar-akar pohon-pohon itu bakal mengikat air yang jatuh, hingga jadi cadangan air. Buah mahoni mempunyai zat bernama flavonolds serta saponins. Flavonolds sendiri di kenal bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah hingga beberapa pasien penyakit yang mengakibatkan tersumbatnya aliran darah dianjurkan menggunakan buah ini untuk obat. Manfaat flavonolds ini dapat juga untuk kurangi kolesterol, penimbunan lemak pada saluran darah, kurangi rasa sakit, pendarahan serta lebam, dan melakukan tindakan untuk antioksidan untuk singkirkan radikal bebas. Sesaat itu, saponins mempunyai manfaat untuk pencegah penyakit sampar, dapat pula untuk kurangi lemak di tubuh, menolong menambah system kekebalan, menghindar pembekuan darah, dan menguatkan manfaat hati serta memperlambat sistem pembekuan darah.

Pohon adalah pohon penghasil kayu keras serta dipakai untuk perlengkapan rumah tangga dan perlengkapan ukiran. Kayunya juga kerap di buat penggaris lantaran tidak gampang beralih. Getahnya baik untuk bahan perekat. Pengembang-biakan dapat dengan biji, cangkok atau okulasi. Tanaman ini perlu air yang cukup supaya kelembapan tanah terjaga. Ditanam pada tempat yang cukup matahari (cahaya segera). Untuk tanaman obat, tanaman ini tak bisa di beri pupuk kimia (anorganik) ataupun pestisida.

Diskripsi buah serta benih mahoni

Buah : kering merekah, biasanya berupa kapsul bercuping 5, keras, panjang 12-15 (-22) cm, abu-abu coklat, halus atau. Sisi luar buah mengeras, ketebalan 5-7 mm sisi dalam lebih tidak tebal. Di bagian tengah mengeras seperti kayu, berupa kolom dengan 5 pojok yang memanjang menuju ujung. Buah bakal pecah dimulai dari ujung atau pangkal pada waktu masak serta kering. Biji melekat pada kolumela melewati sayapnya, meninggalkan sisa yang riil sesudah benih lepas. Biasanya tiap-tiap buah ada 35 -45 biji.
Benih : coklat, lonjong padat, sisi atas memanjang melengkapi jadi sayap, panjangnya meraih 7. 5-15 cm dengan extensive air spaces. Biji disebarkan oleh angin. Jumlah biji 1800-2500 per kg.

Pembungaan serta pembuahan Mahoni

Bunga berkelamin satu serta pohon berumah satu. Penyerbukan dikerjakan oleh serangga. Hibridisasi kerap berlangsung terlebih dengan Mahoni jika spesies itu tumbuh berbarengan. Umumnya cuma satu bunga sebagai buah, yang lain gugur. Pembentukan bunga hingga buah masak dibutuhkan saat 9 - 12 bln.. Saat berbunga serta buah berlangsung tiap-tiap th. mulai usia 10 - 15 th. namun pembentukan buah bakal alami penurunan jika polinator menyusut. Saat yang lama dalam pembentukan buah sangat mungkin untuk menaksir hasil tiap-tiap bln. sebelum saat pemungutan hasil. Umumnya pembungaan berlangsung saat pohon menggugurkan daun atau pada waktu daun baru mulai nampak sebentar sebelum saat sebelum musim hujan.

Panen buah Mahoni

Buah tambah baik dipetik segera dari pohon sebelum saat merekah atau benihnya dihimpun dari bawah tegakan sebentar sesudah jatuh. Produksi benih beragam tempat tumbuh serta usia. Aspek utama dalam produksi benih yaitu efisiensi penyerbukan yg tidak menentu terlebih diluar sebaran alami. Pohon dewasa Swietenia macrophylla bisa membuahkan seputar lebih 200 buah masak pertahun atau seputar 4 - 8 kg benih. Namun biasanya produksi cuma 2, 5 - 4 kg benih per pohon untuk pohon-pohon yang tajuknya cukup terbuka.

Pemrosesan, penangan buah serta benih Mahoni

Buah kering yang masak serta benih yang dihimpun dari lantai rimba bisa disimpan sekian hari dalam karung tiada mengakibatkan rusaknya. Namun untuk kurangi berat tambah baik jika diolah di lapangan. Buah bakal merekah sesudah dijemur 1 – 4 hari, bergantung kemasakan, kemudian biji bisa dipisahkan dengan menggoyang atau menggaruk buah. Sisi buah yang lain bisa dipisahkan dengan tangan. Setelah itu dikerjakan pemotongan sayap apabila dibutuhkan.

Penyimpanan serta viabilitas Mahoni

Benih terhitung ortodox serta jika disimpan dengan kandungan air 3-7 Persen pada temperatur rendah (1-5ºC) viabilitasnya bakal terus tinggi serta bisa bertahan satu tahun lebih. Apabila benih disimpan dalam kantong kertas pada temperatur suhu kamar, viabilitasnya bisa dipertahankan sepanjang 7-8 bln.. Kandungan air benih masak yaitu 9–12 Persen. Persentase kecambah benih fresh 60-90 Persen.

Perlakuan pendahuluan

Perlakuan pendahuluan tak demikian utama, namun perkecambahan benih berkadar air rendah dapatditingkatkan dengan merendam dalam air sepanjang 12 jam.

Penaburan serta perkecambahan Mahoni

Untuk pengujian, benih dikritikbahkan pada media pasir dengan kisaran suhu 35 - 30ºC atau suhu terus 30ºC sepanjang 12/12 atau 8/16 jam jelas/gelap. Di persemaian benih ditabur di bak pasir terbuka sedalam 3 - 7 cm atau segera ditabur di kantong. Benih berkecambah pada media lembab dibawah naungan. Benih bakal berkecambah dalam 10 - 21 hari. Bibit dijaga terus dalam naungan hingga di tanam di lapangan sesudah tingginya meraih 50 - 100 cm.

Share This

Tidak ada komentar:

SEOBAGUS , 2017