Membuat Baju Motif Batik Yang Laku Dijual

 Penjualan baju motif batik gencar dilakukan bukan hanya di butik dan toko offline saja tapi butik dan toko online tidak kalah bersaing menjual baju khas Tanah Air ini. Jika saat ini kita hanya tahu jenis dan motif batik dengan hasil akhirnya saja, saat ini akan dijelaskan beberapa langkah pembuatan baju motif batik yang patut anda tahu agar anda dapat menghargai nilai seni dari baju batik yang sangat artistik ini. Adapaun berbagai peralatan yang digunakannya antara lain kain mori yang biasanya terbuat dari kain sutra, katun serta campuran kain polyster. Kemudian pensil, dimana pensil ini berfungsi untuk membuat motif batik, dan selanjutnya canting yang terbuat dari bambu dengan kepala terbuat dari tembaga yang bermulut atau bercerat yang mana canting ini berfungsi sebagai pulpen. Canting ini juga digunakan untuk menyendok lilin cair yang panas untuk menutupi bahan atau pelindung terhadap zat warna. Alat selanjutnya adalah gawangan atau tempat untuk menyamirkan kain, panci dan kompor berukuran kecil sebagai alat pemanas dan juga lilin.


Adapun untuk langkah langkah pembuatan batik yang hasil akhirnya ada di tempat jual baju motif batik adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama adalah molani yaitu proses pembuatan model batik di atas kain mori dengan menggunakan pensil. Untuk menentukan motif batiknya dibuat sesuai dengan selera yaitu bisa memilih motif batik sesuai dengan keinginan anda sendiri ataupun memilih motif batik yang sudah umum ada di pasaran.

  • Langkah selanjutnya adalah mengisi canting dengan lilin cair untuk melapisi motif batik yang dibuat sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar pada saat pencelupan bahan ke dalam larutan pewarna bagian yang telah dilapisi oleh lilin ini tidak terkena warna tersebut artinya motif batik akan tetap aman dengan lapisan lilin cair ini. Setelah lilin ini kering, kemudian celupkan kain batik ini ke dalam larutan pewarna yang telah disediakan.

  • Proses terakhir adalah proses nglorot yaitu proses perebusan kain batik yang telah berubah warna dengan menggunakan air panas. Tujuan dari nglorot ini adalah untuk menghilangkan lapisan lilin pada busana batik tadi yang nantinya akan terlihat gambar motif batik pada kain yang telah digambar sebelumnya. Untuk hal ini, anda tidak perlu khawatir motif desain baju batik yang telah dibuat akan terkena warna karena pada bagian atas kain tersebut maih terlindungi lapisan tipis lilin karena lilin tidak sepenuhnya luntur.

Itulah langkah langkah membuat baju motif batik yang diberi nama batik tulis, proses penamaan ini dilakukan karena ada baju batik yang proses pembuatannya dengan proses dicap yang dikenal dengan nama batik cap, batik painting, batik printing dan batik sablon yang semuanya dapat anda temukan di toko jual baju motif batik secara online.

Share This

Tidak ada komentar:

SEOBAGUS , 2017