Mengganti Aksesoris Penting Suzuki Ertiga Agar Tetap Aman Untuk Dikendarai

 Aksesoris Ertiga pada dasarnya ada beberapa kategori jika dilihat dari keamanannya, ada kategori dengan tingkat keamanan yang biasa biasa saja jika dilakukan pergantian, tapi ada juga aksesoris jika diganti akan menimbulkan bahaya. Hal ini yang biasanya menjadi para pecinta modifikasi suka salah kaprah terutama bagi mereka pecinta modifikasi pemula. Para pecinta modifikasi yang masih pemula biasanya melakukan pergantian aksesoris atau komponen asli mobil yang telah diterapkan oleh pabrikan mobil dengan aksesoris atau peranti yang belum teruji keamanannya. Mereka mengganti aksesoris seperti ini biasanya hanya untuk gaya tidak memperhatikan keamanan dari proses pergantian tersebut. Hal seperti ini tentunya akan sangat membahayakan terutama bagi pengemudi dan penumpang karena akan dapat mengganggu atau akan terjadi error jika suatu waktu terjadi kesalahan pada aksesoris yang baru ini.


Adapun beberapa aksesoris terutama pada aksesoris suzuki Ertiga yang dapat menimbulkan kecelakaan jika diganti dengan aksesoris modifikasi yang belum teruji keamanannya, antara lain :

  • Setir
Jika anda akan melakukan pergantian aksesoris pada setir ini harus sangat teliti karena jika tidak cocok akan sangat membahayakan. Jadi jika anda ingin mengganti setir dengan setir racing sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan bengkel atau mekanik yang dapat dipercaya karena untuk setir racing ini biasanya hanya untuk mobil balap yang telah disesuaikan dengan roda. Jadi jika setir standar diganti dengan setir racing sudah tentu akan berbeda karena setir standar hanya digunakan untuk kendaraan harian yang perputaran rodanya pun akan standar.

  • Kaca Film
Jika anda akan mengganti kaca mobil dengan kaca film yang lebih gelap atau bahkan dengan kaca anti peluru sebenarnya boleh boleh saja tapi harus diperhatikan tingkat gelap jangan sampai mencapai hingga 80% karena akan mengganggu pandangan anda terutama pada saat hujan atau pada saat mengendara mobil di malam hari.

  • Pedal
Biasanya perubahan aksesoris pada pedal ini berupa pelapis dengan cover berbahan pelat yang licin. Padahal pedal original dari masing masing mobil biasanya berupa pedal yang telah dilapisi karet yang telah dirancang sedemikian rupa untuk keamanannya. Jadi jika anda akan menggantinya, harus benar benar melekat dengan sempurna di pedal agar pada saat dioperasikan mampu berfungsi secara sempurna.

  • Klason
Pergantian bunyi klakson dengan model suara yang tidak standar seperti suara sirine memang sangat efektif tapi perlu anda perhatikan dari segi psikisnya karena suara klason seperti ini dapat menimbulkan emosi sehingga akan menimbulkan bahaya bagi kendaraan sekitarnya termasuk pada mobil tersebut.

  • Audio Mobil
Walaupun anda memiliki kecintaan terhadap audio system pada mobil anda jangan sampai memasang audio system dengan sangat jejal sehingga akan mengganggu pandangan pengemudi pada saat melihat ke belakang. Alhasil pengemudi hanya mengandalkan spion luar untuk melihat ke belakang. Hal seperti ini tentu akan mengurangi tingkat safety pada proses operasional kendaraan.

Aksesoris di atas biasanya aksesoris Ertiga yang sering dilakukan pergantian tanpa ada konsultasi dengan mekanik atau bengkel sehingga akan dapat membahayakan operasional mobil yang dikendarai.

Tips Yang Tepat Ketika Memilih Aksesoris Mobil Suzuki Ertiga

Tidak ada komentar: